Senin, 11 April 2011

Copy Paste dalam Dunia Blog

Kegiatan Copy Paste (Copas,,,he,,he,,) merupakan kegiatan yang marak dikalangan kita (maaf kita harus jujur saja). bagaimana tidak? ketika kita hendak menulis sebuah masalah (contohnya), atau tulisan (apa saja, artikel, opini dll) memang sulit untuk merealisasikannya. Nah, Copas-lah alternatif pertama yang marak dilakukan dikalangan kita.

Kita fokus pada kajian copas pada blogger. Nah, beberapa hari yang lalu saya sharing dengan kakak kelas saya (yang sekarang sudah menjadi blog master, tentunya sudah menghasilkan rupiah/dollar...hem..jadi kepengen nih). Nah, dari pembicaraan tersebut saya mendapatkan pelajaran yang sangat berarti. Dimana, copy paste bagi blogger (yang tentunya blognya ingin menghasilkan uang dan banyak pengunjung) banyak dikunjungi, maka dalam kamus blog, seorang blogger harus menayangkan hasil karya original, asli tulisannya tanpa copy paste. Pernah, suatu kali kakak kelas saya dati mencoba Copas. Apa yang terjadi? Blognya berulang kali mendapat peringatan dari Mbah Google. Dan pada waktu yang tidak disangka, blognya berulangkali menghilang dan tidak bisa digunakan lagi. Wah, pusing bukan? Memang, kecurangan itu adalah suatu pelanggaran (pengenya sih, sok bisa. Padahal memindah karya orang lain menjadi seolah-olah karya kita sendiri). Suatu kejahatan yang tidak bermoral. Ya, kalau diakhir artikel diberi sumbernya sih masih menghargai tulisan orang yang di copas tadi. kalau Gak? Wah, selamat aja jadi "penjahat".
Nah, bagi blogger pemula ini harus diwaspadai. Tapi, kalau hanya berorientasi sekedar memiliki blog yang tidak mempunyai nilai. Dan Copas tidak bisa dihindari lagi (karena terbatasnya kemampuan kita), ya, Tafaddol (please). Yang penting karakter tidak mendukung itu tidak dibiasakan menjadi karakter utama diri kita. Kalau kita mau belajar, InsyaAllah semua ada jalannya. kata Maher Zein, InsyaAllah ada jalannya. Oke, semangat untuk blogger pemula. Niatkan kebaikan mulai awal, pasti akan menuai kebaikan pula.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Support by

Support by Pemilik Blog, Dedik (STAIL) Thanks untuk dukungannya,-Dian (ITB)-Yani (UGM). Kirimkan berita/info Semina, Lomba, Kompetisi, Beasiswa, dll untuk kita bagi kepada saudara-saudara kita

My Guest

Pengikut


blogging portal

Web hosting for webmasters